Asik, Mudik Longgar Banyuwangi Macet

Opini0 views

Banyuwangi || Transisinews – Luar biasa sekali. Dengan adanya kebijakan yang tepat dari pemerintah pusat mengenai mudik diperbolehkan dengan syarat sudah vaksin untuk menghindari penyebaran virus Covid – 19. Namun disisi lain, dengan banyaknya kendaraan pribadi baik roda dua dan empat yang di dominasi oleh nomor polisi luar kota membuat beberapa ruas jalan di Banyuwangi menjadi macet.

Antusias warga yang merantau sangat besar sekali untuk mudik dan berkumpul dengan sanak keluarganya di kampung halaman. Hal tersebut nampak di Kabupaten Banyuwangi. Banyaknya kendaraan yang melintas atau pengguna jalan raya roda dua dan empat lebih banyak di dominasi oleh nomor polisi luar Banyuwangi.

Para pelaku jasa akomodasi di Banyuwangi antusias menyambut libur Lebaran 1443 Hijriyah. Okupansi hotel dan homestay menjelang libur lebaran meningkat. Berbagai persiapan dilakukan namun nampak tidak maksimal terutama dalam menata dan mengatur lalu lintas.

Banyuwangi, Jawa Timur pada hari Rabu 4 Mei 2022 kisaran pukul 19.30 dikepung macet di beberapa titik. Macet yang tidak beraturan terjadi di lampu merah Blambangan ke utara dan ke arah selatan.

Macet tersebut disebabkan karena jumlah kendaraan roda empat maupun roda dua dengan jumlah banyak dan tanpa ada yang mengatur lalu lintas di tempat tersebut.

Anggota Lalu Lintas Polresta Banyuwangi lebih diprioritaskan menjaga di titik lokasi yang lebih vital skala Nasional seperti Pelabuhan Ketapang.

Hal ini akan menjadi penilaian dan mindset yang akan tertanam secara tidak langsung bahwa Banyuwangi belum siap menyambut pengunjung lokal dari dalam maupun luar Banyuwangi dan bahkan pengunjung Warga Negara Asing ( WNA ) dengan skala besar yang memang ingin berlibur di Banyuwangi.

Okupasi hotel dan homestay bahkan tempat wisata di Banyuwangi boleh meningkat drastis, bagus untuk pendapatan daerah juga. Namun hal tersebut harus diimbangi dengan faktor lain yang menunjang kenyamanan, keamanan para pengunjung terutama di jalan.

Selain kenyamanan dan keamanan terkait dengan lalu lintas, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga harus menyiapkan sarana dan prasarana lain seperti lahan parkir yang memadai baik di pasar, mall, maupun tempat destinasi wisata.

Alhamdulilah, terkait dengan jalan berlubang pihak Lantas Polresta Banyuwangi sering berkordinasi dengan Dinas PU Binamarga Banyuwangi dan dinas terkait langsung sigap merespon untuk melakukan perbaikan jalan dengan tambal jalan berlubang.

Kemacetan di tanggal 4 Mei 2022 tersebut langsung direspon cepat oleh Kasat Lantas Polresta Banyuwangi dan alhamdulilah kemacetan di beberapa titik bisa teratasi.

Penulis : Veri Kurniawan S.ST

Publisher ; Semar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *