261 CJH Kloter 2 Di Berangkatkan Bupati Anna Mu’awanah.

BOJONEGORO,atasangin.net, Pemkab Bojonegoro menggelar upacara pemberangkatan Calon Jemaah Haji ( CJH ) Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Malowopati Sabtu ( 4/6/2022 ). Sebanyak 261 CJH yang masuk kloter 2 di berangkatkan langsung oleh Bupati Anna Mu’awanah.

Dalam acara ini, hadir juga Kepala Kemenag Bojonegoro, Kepala Pengadilan Negeri Bojonegoro, perwakilan Kodim 0813 Bojonegoro, perwakilan Polres Bojonegoro, Ketua DPRD Bojonegoro dan KH Syafi’i dari Syuriah PC NU Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah. Bupati Anna mengatakan kepada jamaah haji bahwa jemaah tidak harus mengejar kesempurnaan. “Jika itu datang kesempatan boleh dilakukan, tapi jangan mengejar kesempurnaan saja karena semua orang ingin mencari kesempurnaan,” jlentreh Bupati Anna.

Menurut Bupati kesempurnaan sangat relatif. Para jemaah di harapkan menyempurnakan niat terlebih dahulu serta banyak i’tikaf dan beristighfar dalam ibadah haji.“ Saya juga menitip doa mudah – mudahan Covid -19 di Indonesia segera menjadi endemi bukan pandemi terkhususnya Kabupaten Bojonegoro segera zero untuk Covid -19,” tutur Bupati Anna.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Bojonegoro, Sahlan, dalam laporannya menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji sebagaimana telah di ubah dengan Undang – Undang Nomor 34 Tahun 2009.

Selain itu, kegiatan juga berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 405 Tahun 2022 Tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi. Dasar ketiga adalah Keputusan Bupati Bojonegoro Nomor 188/242/KEP/412.013/2022 Tentang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022.

“ Kuota calon jamaah haji Kabupaten Bojonegoro untuk tahun ini 2022 sebesar 730 calon jamaah haji. Sedangkan yang memenuhi persyaratan untuk di berangkatkan pada kloter 1, 2 dan 3 adalah sebanyak 722 calon jamaah,” papar Sahlan.

Para CJH berangkat dari Pendopo Malowopati Bojonegoro menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya menggunakan 6 bus. Untuk barang bawaan CJH di angkut menggunakan 3 truk. “ Untuk truk pengangkut koper jamaah telah berangkat mendahului calon jamaah haji pada pukul setengah enam pagi,” lanjut Sahlan.

Di penghujung acara, para calon jamaah haji menaiki bus masing – masing sesuai dengan nomor rombongan. Sebelum berangkat, Bupati Anna mengajak doa bersama. Lalu mengibarkan bendera sebagai tanda bahwa telah di berangkatkannya para calon jamaah haji menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. ( Nyoto ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *