Wana Wisata Ngawun Abilowo di Resmikan Mas Bupati Bersama KA Kwarsa

Tuban,atasangin.net – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., bersama Ketua Kwarda Jawa Timur, H.M. Arum Sabil meresmikan Bumi Perkemahan dan Wana Wisata ” Ngawun Abilowo ” di Desa Ngawun, Parengan, Minggu ( 17/7/2022 ). Sebelumnya, juga dilakukan penanaman 1.500 pohon di Sendang Ngawun.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky memaparkan adanya Wana Wisata Ngawun Abilowo di harapkan mampu menggerakkan ekonomi warga sekitar. Diantaranya, mampu mengoptimalkan potensi Desa dan memunculkan UMKM setempat. Hal tersebut selaras dengan program One Village One Product ( OVOP ) yang tengah di gencarkan Pemkab Tuban. “ Sehingga ekonomi bergerak dari sektor rumah tangga,” paparnya.

Mas Lindra sapaan akrabnya mengatakan Pemkab Tuban akan berkoordinasi dengan Perhutani untuk pengembangan bumi perkemahan Ngawun Abilowo. Mengingat, Ngawun Abilowo berada di lahan milik Perhutani. Karenanya, perlu sinergikan antara Pemkab Tuban, Perhutani, Pemerintah Desa dan warga setempat.

Bupati Halindra yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban menyebutkan terpilihnya Kabupaten Tuban sebagai tuan rumah Jambore Daerah Jawa Timur 2023 menjadi Wahana promosi potensi Desa. Sebagai tindak lanjut, harus segera di siapkan mulai dari administrasi, MCK, fasilitas pendukung lainnya.

“ Wana Wisata Ngawun Abilowo yang di tunjuk calon lokasi kegiatan harus segera di siapkan semaksimal mungkin. Kita harus menjadi tuan rumah terbaik,” tutur Mas Lindra.

Bupati Lindra berpesan agar pasca di resmikan Wana Wisata Ngawun Abilowo beserta kelengkapannya harus di jaga bersama. Salah satu kegiatan pendukung yang dapat di jalankan yaitu penghijauan dan menjaga lingkungan bebas dari sampah.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur, Arum Sabil mengatakan penamaan Abilowo menjadi cerminan dari tokoh pewayangan Pandawa, yaitu Werkudara atau Bima. Di kisahkan, Bima menyamar menjadi peternak sapi agar bisa membaur dengan masyarakat.“ Tujuannya, mendengar suara masyarakat lebih dekat,” terangnya.

Arum Sabil berharap nilai – nilai yg di ajarkan tokoh pewayangan Abilowo atau Bima dapat di tiru anggota Pramuka Tuban. Tidak hanya berani dan kuat, tapi juga rendah hati dan mau mendengar pendapat orang lain.

Ketua Kwarda Jatim masa bakti 2020 – 2025 mengatakan pohon yang di tanam akan mampu menyuplai oksigen di lingkungan sekitar. Menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab wajib anggota Pramuka.“ Mari kita rawat lingkungan kita, udara, tanah dan air yang menjadi sumber kehidupan kita,” jlentrehnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Kwartir Cabang Tuban, Kacuk Karsono menyebutkan anggota Pramuka Kabupaten Tuban menorehkan sejumlah prestasi membanggakan. Kabupaten Tuban terpilih menjadi Kontingen Provinsi Jawa Timur pada Jambore Nasional 14 – 21 Agustus mendatang. Tidak hanya itu, dua anggota Pramuka Tuban akan di kirim mengikuti kegiatan Jambore Dunia di Korea pada 2023 mendatang. Ketiga, Wana Wisata Ngawun Abilowo di pilih menjadi lokasi Jambore Daerah Jatim tahun 2023.“ Di perkirakan, 3.000 – 3.500 anggota Pramuka se – Jawa Timur akan mengikuti kegiatan ini,” bebernya.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Kepala Staf Kodim 0811 Tuban Mayor Czi Gatot Palwo Edi, Sekda Tuban, Budi Wiyana, Pimpinan OPD terkait, Pengurus Kwarcab Pramuka Tuban, dan perwakilan anggota Pramuka se – Kabupaten Tuban. ( Jok ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *