SMP/SMA di Bojonegoro Khidmat Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kuatkan Nilai Luhur Pancasila

Bojonegoro,atasangin.net – Seluruh siswa Sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Bojonegoro, sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 59868/MPK.F/TU.02.03/2022 menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu ( 1/10/2022 ) di lembaga sekolah masing – masing dengan tertib dan khidmat. Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 ini ” Bangkit Bergerak Bersama Pancasila “.

Salah satu Sekolah yang menyelenggarakan upacara tersebut adalah MTs Negeri 1 Bojonegoro. Di temui selepas pelaksanaan upacara, Kepala MTsN 1 Bojonegoro Fathul Amin, S.Pd., MM sebagai pembina upacara menyampaikan, upacara dilaksanakan mulai pukul 07.00 – 08.00 WIB yang di ikuti oleh seluruh siswa kelas VII-IX beserta seluruh guru dan pegawai. Upacara berlangsung dengan lancar, tertib dan khidmat sampai selesai.

” Kami berharap dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini seluruh warga Madrasah bisa lebih sepenuh hati dan jiwa raga dalam mengamalkan nilai – nilai Pancasila baik di lingkungan Madrasah maupun di masyarakat luas,” paparnya.

Fathul Amin juga menandaskan kepada seluruh siswa apa yang telah di sampaikan oleh Mendikbud Ristek RI, Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya. Bahwa dengan terobosan Kurikulum Merdeka yang mengedepankan pembelajaran berbasis projek, termasuk projek penguatan profil pelajar Pancasila, anak – anak Indonesia di dorong menjadi pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

” Saktinya Pancasila terletak pada bagaimana kita menjadikan nilai – nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup kita sehari – hari sebagai Bangsa Indonesia. Kita perlu bergotong royong untuk mewujudkan satuan pendidikan dan ruang – ruang kebudayaan yang aman dan nyaman, yang mengedepankan nilai – nilai inklusivitas, toleransi, serta bebas dari kekerasan,” ujarnya membacakan Pidato Mendikbud Ristek RI.

Setelah pelaksanaan upacara di MTsN 1 Bojonegoro, di lanjutkan dengan pemilihan Ketua OSIS dan MPK di mana seluruh warga baik guru maupun siswa ikut berpartisipasi dalam pemilihan Ketua OSIS dan MPK. Menurut Fathul Amin, Pemilihan OSIS dan MPK merupakan salah satu penerapan nilai – nilai Pancasila di lingkungan satuan pendidikan terutama sila keempat. ( Nyot ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *