Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jatim di Kabupaten Tuban

Tuban,atasangin.net – Pemkab Tuban menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi ke – 77 Provinsi Jawa Timur di halaman Kantor Pemkab Tuban, Rabu ( 12/10/2022 ). Agenda tahunan ini di ikuti Forkopimda Tuban, Pimpinan OPD dan pegawai Pemkab Tuban, mahasiswa serta pelajar SMP – SMA.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur, Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., menyatakan pasca perjuangan menghadapi pandemi Covid -19, kini saatnya mengembangkan kembali daya inisiatif, kolaborasi dan inovasi. Tiga karakter tersebut dapat di singkat karakter IKI ( lnisiatif, Kolaborasi dan lnovasi ).“ Dalam bahasa Jawa Timur-an maka ketika di tanya apa jawaban kita terhadap tantangan zaman, lKl jawabane: Inisiatif, Kolaborasi, dan lnovasi,” pintanya.

Sekda Tuban melanjutkan setiap karakter IKI memiliki makna tersendiri. lnisiatif adalah pendekatan atau jalan baru yang segar untuk menghadapi segenap persoalan. Kolaborasi adalah kehendak kuat yang di.terjemahkan dalam tindakan nyata untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menyelesaikan masalah. Sementara Inovasi adalah implementasi praktis dari suatu idea yang baru untuk menyelesaikan persoalan.

Lebih lanjut, Jawa Timur memiliki sejarah yang kaya terkait riwayat hidup para pejuang yang dapat menjadi inspirasi bagi menguatkan karakter lKl: lnisiatif, Kolaborasi dan lnovasi. Diantaranya, Dr. Soetomo pendiri organisasi Boedi Oetomo, Proklamator Kemerdekaan Rl dan Presiden pertama Republik lndonesia lr Sukarno, dan Sosok waskita, tawadhu’ dan beradab tinggi KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Hasyim Asyari.

Sebagai generasi penerus, masyarakat Jawa Timur harus menjadikan tokoh tersebut menjadi suri tauladan dan menerapkan karakter IKI yang di tampilkan pada setiap perjuangannya. Selanjutnya, di harapkan ada talenta masyarakat Jawa Timur yang mampu menjadi tokoh di setiap masanya sesuai dengan tantangan jaman. “ Mampu mengharumkan nama Jawa Timur dan berkontribusi di kancah Nasional dan Internasional,” tuturnya.

Sekda Tuban mengatakan Pemkab Tuban menyelaraskan program pembangunan dengan Pemprov Jatim. Kolaborasi program antara Pemkab Tuban dan Pemprov Jatim di harapkan mampu mengoptimalkan potensi Daerah dan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. “ Keberhasilan pembangunan Kabupaten Tuban akan membawa pengaruh terhadap kemajuan Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. ( Jok ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *