Mas Bupati Bersama Forkopimda Imbau Masyarakat Jaga Kondusifitas Selama Pilkades

Tuban,atasangin.net – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE, di dampingi Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya dan Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa Serentak ( Pilkades ) Tahun 2022 Kabupaten Tuban, Rabu ( 26/10/2022 ). Bertempat di Mapolres Tuban, apel pengamanan diikuti 1.400 personil terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Linmas.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan pada pengaman Pilkades Serentak 2022 di maksudkan untuk menjaga keamanan dan kondusifitas masyarakat. Fokus pengamanan mencakup distribusi logistik, proses pencoblosan, perhitungan, dan pasca perhitungan surat suara. “ Hari ini logistik akan distribusikan Desa. Pasca perhitungan seluruh dokumen yang berkaitan dengan Pilkades harus di amankan,” paparnya.

Pilkades serentak 2022 di ikuti sebanyak 119 Calon Kepala Desa ( Cakades ) di 47 Desa dari 17 Kecamatan. Mas Lindra menekankan agar tiap personil mampu mengindentifikasi potensi kerawanan di tempat tugasnya hingga elemen terkecil sedini mungkin. Dengan demikian dapat di temukan solusi lebih awal dan tidak mengganggu jalannya pelaksanaan Pilkades.

Mas Lindra berpesan Kades yang terpilih nantinya agar tidak menggelar pawai atau arak-arakan. Tidak hanya itu, Kades yang belum terpilih hendaknya agar tetap di rangkul dan diajak berdiskusi untuk menentukan arah kebijakan di Desa. Pemkab Tuban terus melakukan imbauan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkades secara damai dan kondusif.” Siapa pun yang terpilih nantinya merupakan pemimpin yang amanah,” terangnya.

Di samping itu, Pemerintah Desa di harapkan selalu berkolaborasi dengan Pemkab Tuban. Sinergitas lintas sektoral akan mempercepat program pembangunan, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya mengatakan personil pengamanan telah mengikuti sejumlah pelatihan pengamanan dan di bekali buku saku. Di setiap Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) di jaga 2 personil polisi yang di dukung TNI dan stakeholder pengamanan lainnya. Tidak hanya itu, terdapat 1 peleton personil pengamanan di setiap rayon.

Kapolres Rahman Wijaya menyatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan Brimob Polda dan Polres sekitar guna memaksimalkan pengamanan.“ Seluruh personil siap untuk di geser bila di perlukan sewaktu – waktu,” bebernya.

Kapolres Tuban mengimbau masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkades. Tokoh Agama dan masyarakat di harapkan memberikan pemahaman kepada warga di sekitarnya. ( Jok ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *