Semarak Kebangsaan Wujud Menjaga dan Merawat Kerukunan

Tuban,atasangin.net – Kegiatan Semangka atau Semarak Kebangsaan sukses di gelar di Alun – Alun Kabupaten Tuban, Sabtu malam ( 19/11/2022 ).

Bermacam tampilan budaya melebur menjadi satu, mulai sajian Banjari, Tari Sufi, tarian Daerah, hingga pertunjukan Barongsai khas Tionghoa. Kebhinekaan sangat kental terasa dalam acara yang di hadiri lebih dari 6000 orang ini.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE mengukuhkan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) Kabupaten Tuban masa bakti 2022 – 2026. Para pengurus terdiri dari berbagai suku dan etnis diantaranya Sunda, Batak, Jawa, Madura, Jambi, Bali, Bugis, Ambon, Papua, Arab, dan Tionghoa.

Kepada Wartawan atasangin.net, Senin ( 21/11/2022 ) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tuban Didik Purwanto, S.Pd., M.Si memaparkan, pengukuhan FPK masuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke – 729 Kabupaten Tuban hingga bisa berlangsung dengan meriah. Menurutnya, FPK menjadi sebuah simbol kebersamaan yang bisa menjadi tameng munculnya ancaman disintegrasi di tengah perbedaan di masyarakat yang berasal dari berbagai suku dan etnis.

Apalagi, Tuban telah di proyeksikan menjadi kota industri yang akan berkembang baik industri berskala Nasional maupun Internasional. Untuk itu, perlu di waspadahi akan timbulnya konflik. “ Bahaya disintegrasi di depan mata, adanya FPK dan FKUB menjadi langkah proteksi agar jangan sampai muncul disintegrasi.”

Namun begitu, Didik sapaan akrabnya menjelaskan, saat ini Indeks Kerukunan Umat Beragama telah mendapatkan poin 86. Angka tersebut di atas rata – rata Jawa Timur. “ Jawa Timur rata – rata 84, dan kita 86,” timpalnya.

Didik mengungkapkan, perbedaan yang ada adalah sebuah rahmad, yang harus di syukuri dan di jaga.“ Mari kita jaga kemajemukan ini dengan saling menjaga dan mengisi,” terangnya.

Masih menurut Didik, atas di kukuhkannya FPK, Mas Bupati berpesan agar pengurus dapat melaksanakan tugas dengan baik, dalam rangka merawat dan mewujudkan ketentraman, menumbuhkan kebanggaan, keharmonisan, saling menghormati diantara masyarakat dari berbagai ras suku dan etnis di Kabupaten Tuban. ” Semoga dapat melaksanakan amanah dengan baik dalam merawat Tuban dan Indonesia.” tutupnya.

Sebagai Informasi, FPK Kabupaten Tuban di Ketuai oleh R. Moch. Dani Ramdani, yang saat ini menjabat sebagai Camat Tuban, yang perwakilan dari suku sunda. ( Nyot ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *