Kadis Kopumdag dan Kades Pakel Terima Penghargaan Bersamaan Diterimanya DIPA dan TKD 2023 Oleh Mas Bupati

Pemerintahan17 views

Tuban,atasangin.net – Sebanyak 38 Kabupaten/Kota se – Jawa Timur menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ) dan Alokasi Transfer ke Daerah ( TKD ) Tahun Anggaran 2023, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menerima secara langsung DIPA dan TKD dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang di dampingi Kepala Ditjen Perbendaharaan Jawa Timur, Taukhid di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis ( 15/12/2022 ).

Bersamaan itu juga di serahkan beberapa penghargaan, dua diantaranya di raih oleh Kabupaten Tuban, pertama yaitu Penghargaan Satuan Kerja Terbaik 3 Peraih Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran ( IKPA ) Tahun 2022 Kategori Pengelolaan Anggaran Tugas Pembantuan Tingkat Kabupaten/Kota Untuk Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Tuban yang diterima oleh Kepala Dinas Kopumdag Tuban, Agus Wijaya.

IKPA adalah Indikator yang di tetapkan Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara ( BUN ) sebagai alat ukur untuk menentukan kualitas tingkat kinerja dari sisi kesesuaian perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efesiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi. IKPA menjadi ukuran evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran yang memuat 13 indikator dan mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan pada regulasi, serta efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.

Adapun Penghargaan kedua yaitu Penghargaan Peringkat 1 Desa Prospektif Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Terbaik Tahun 2022 untuk Desa Pakel Kecamatan Montong Tuban. Penghargaan ini diterima oleh Kepala Desa Pakel Ifa Marwatin Fadhilah. Penghargaan ini diberikan atas pengelolaan manajemen keuangan yang transparan bagi semua penggunaan laporan keuangan di Desa.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya meminta setelah di terimanya DIPA dan TKD untuk segera dilakukan percepatan kinerja sesuai mandate namun tetap menjaga akuntabilitas, kehati – hatian, dan transparansi dalam pelaksanaan APBN maupun APBD sesuai program.

“ Yang terpenting adalah menjaga mandat ini dengan baik. Tentunya sesuai asumsi dasar ekonomi Makro 2023 seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, nilai tukar rupiah, dan lainnya, tentunya belanja negara ini di arahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Khofifah.

Khofifah berharap, baik Bupati/Walikota, instansi vertikal maupun OPD di Jatim agar selalu memperkuat sinergi dan kolaborasi. Hal ini penting untuk memberikan dorongan terhadap produktivitas masyarakat yang tujuannya adalah percepatan peningkatan kualitas SDM dan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.“ Dan salah satu tujuan utamanya adalah bagaimana kita bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui program – program perlindungan sosial,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky seusai menerima DIPA dan TKD mengungkapkan akan segera menindaklanjuti apa yang di sampaikan Gubernur Jatim, terutama dalam menjaga mandat dari anggaran yang bersumber dari APBN maupun APBD dengan menekankan prinsip transparansi, akuntabilitas dan kehati – hatian.“ kami akan segera menjalankan mandat yang telah diberikan sebaik mungkin sesuai dengan program yang telah kami susun sebelumnya, tujuan akhirnya tentu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.” tutur Mas Bupati.

Pada kesempatan ini Mas LIndra juga memberikan apresiasi kepada Diskopumdag dan Desa Pakel Kecamatan Montong yang mendapatkan penghargaan di kategorinya masing -.masing. Di raihnya penghargaan ini tentu semakin menjadi penyemangat dalam menjalankan tugas serta karya terbaik untuk masyarakat Tuban.

Sementara itu, Kadiskopumdag Tuban, Agus Wijaya menyatakan bahwa di raihnya penghargaan ini merupakan hasil kolaborasi, sinergi dan kerja keras bersama seluruh jajaran Diskopumdag Tuban, terutama dalam menjalankan arahan Mas Bupati untuk selalu menghasilkan kinerja yang optimal dengan menekankan semangat kebersamaan dan kerja sama yang baik. “ Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas penghargaan ini, kami berkomitmen untuk selalu melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas kedepannya.” jlentreh Agus Wijaya.

Hal yang sama juga di sampaikan Kades Pakel Kecamatan Montong, Ifa Marwatin Fadhilah yang bersyukur atas penghargaan yang telah di raih. Ifa sapaan akrabnya menuturkan bahwa penghargaan ini dia dedikasikan untuk Perangkat Desa pakel atas kerja kerasnya, serta untuk BPD dan seluruh masyarakat Desa pakel untuk dukungannya selama ini. ( gus/red ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *