oleh

Disnakkan Bojonegoro Telah Salurkan 134.050 Vaksin PMK, Tahun 2022

Bojonegoro,atasangin.net – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan ( Disnakkan ) berkomitmen menangani secara serius Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ). Selama 2022, telah menyalurkan 134.050 dosis vaksin PMK. Upaya ini untuk mendokrak imun ternak agar tidak mudah tertular.

” Vaksin untuk 2023 baru saja datang Selasa, ( 31/1/2023 ) sebanyak 40.000 dosis,” beber Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan ( Disnakkan ) Catur Rahayu, Kamis ( 2/2/2023 ).

Langkah ini, sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran PMK. Selain itu langkah ini sebagai pengendalian PMK yang terintegrasi dan terstruktur agar dapat mengurangi dampak penyakit hewan di wilayah yang terinfeksi. Selain itu, juga untuk mempertahankan wilayah yang masih bebas dari PMK.

Sementara itu, berdasarkan data Disnakkan, hingga Rabu ( 1/2/2023 ), sebanyak 59 ekor ternak sudah di konfirmasi sembuh dari 456 ekor ternak yang terlaporkan terjangkit PMK. Vaksinasi PMK ini berbasis kewilayahan ( Desa ). Bagi peternak yang ternaknya mau di vaksin dapat menghubungi petugas ( Mantri Ternak ) di wilayahnya masing – masing. Sebab akan dilakukan seleksi pemetaan wilayah.

Pihaknya melanjutkan, jika wilayah/Desa tersebut terkategori oleh petugas sebagai zona hijau, maka Vaksinasi bisa segera dilaksanakan. ( gus/red ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *