Dinas Perpusip Bojonegoro Terus Tingkatkan Layanan Literasi, Majukan Generasi

Bojonegoro,atasangin.net – Hasil Survei Kepuasan Masyarakat ( SKM ) di wilayah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro mengalami kenaikan 0,55 dari tahun sebelumnya. Survei ini sebagai pengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan.

“ Nilai IKM 2021 yaitu 84,75. Di 2022 naik menjadi 85,30. Hasil SKM ini masuk kategori Baik,” tegas Kepala Dinas ( Kadin ) Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Heri Widodo, Senin ( 6/2/2023 ).

Layanan yang di survei yaitu layanan sirkulasi terkait layanan baca dan pinjam buku serta Perpustakaan keliling. Berdasarkan data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, total judul buku hingga di 2022 sebanyak 10.114.

“ Di 2022 ada tambahan 776 judul buku,” sambungnya.

Lebih lanjut, pada Januari 2023 lalu, Dispusip Bojonegoro juga telah melaksanakan kegiatan Dongeng Keliling ( Storytelling ) dan layanan mobil perpustakaan keliling di tiga ( 3 ) lokasi SD sederajat guna meningkatkan minat baca dan literasi pada anak usia dini. Serta dapat mengasah kreatifitas dan mengembangkan imajinasi anak.

Adapun berdasarkan PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017, SKM adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan penyelenggaraan pelayanan publik.

Ada sembilan ( 9 ) unsur Survei Kepuasan Masyarakat. Di antaranya persyaratan; sistem, mekanisme, dan prosedur; waktu penyelesaian; biaya/tarif; produk spesifikasi jenis pelayanan; kompetensi pelaksana; perilaku pelaksana; penanganan pengaduan, saran, dan masukan; serta sarana prasarana. ( gus/red ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *