Mas Bupati Kunjungi Dusun Terluar Pastikan Pelaksanaan Program Pembangunan

Pemerintahan10 views

Tuban,atasangin.net – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., di dampingi Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana. M.Si., melakukan kunjungan kerja di Dusun Pencol, Desa Campurejo, Kecamatan Rengel, Selasa ( 7/2/2023 ). Dusun Pencol yang di tempati 250 penduduk berlokasi di seberang Sungai Bengawan Solo dan menjadi wilayah terluar yang berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro.

Turut serta dalam rombongan Bupati Tuban, Kepala Dinas PUPRPRKP, Agung Supriyadi SE dan Camat Rengel Eko Wardono,
Pada kesempatan ini, Mas Lindra berdialog dengan Kepala Desa dan warga setempat.

Mas Lindra mengungkapkan Pemkab Tuban memberikan atensi khusus terhadap pembangunan infrastruktur, termasuk di wilayah terluar. Menurutnya, keberadaan infrastruktur yang berkualitas menjadi hak seluruh masyarakat Kabupaten Tuban. Pembangunan jalan lingkungan di Dusun Pencol rencananya akan dilaksanakan dengan memanfaatkan dana APBD 2023.

” Sehingga, warga dapat merasakan manfaatnya sesegera mungkin,” paparnya. Salah satu manfaatnya berupa mempermudah mobilitas mobil pengangkut hasil pertanian. Mengingat, warga Dusun Pencol sebagian besar berprofesi sebagai petani. Keberadaan jalan lingkungan, juga akan di lengkapi dengan lampu Penerangan Jalan Umum ( PJU ) yang akan di kerjakan pada P-APBD 2023.

Mas Lindra menjelaskan Pemkab Tuban siap mendukung produktivitas pertanian di Dusun Pencol. Dukungan tersebut dapat berupa alat mesin pertanian, saluran irigasi, maupun pendamping lainnya. ” Yang terpenting harus di manfaatkan untuk semua orang, bukan di kuasai oleh satu pihak saja,” tandasnya. Kepala Desa bersama Pemerintah Desa setempat di minta untuk segera berkoordinasi dengan OPD terkait pemenuhan kebutuhan warga.

Usai berdialog, Mas Lindra berkeliling dan mengunjungi salah satu warga miskin yang sedang sakit. Mas Lindra meminta Camat Rengel berkoordinasi dengan Puskemas Rengel dan Prambon Wetan agar sesegera mungkin memeriksakan kondisi warga tersebut. Kedepannya, Puskesmas Rengel dan Prambon Wetan akan di dorong lebih optimal dalam menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan, utamanya bagi lansia. Di samping itu, edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat terus di galakkan menyasar anak kecil hingga lansia.

Sementara itu, Kepala Desa Campurejo, Siti Rosidah menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada warga Desanya. Hadirnya Bupati Tuban bersama rombongan mengobati kerinduan warga Dusun Pencol yang sering merasa terlupakan karena berada di wilayah terluar.” Kami juga menyampaikan terima kasih atas pembangunan saluran irigasi. Ini sangat membantu warga,” bebernya. Alhasil, warga yang sebelumnya hanya bisa panen 2 kali dalam setahun kini dapat memanen padi 3 kali dalam setahun.

Hal senada juga di sampaikan salah satu warga Dusun Pencol, Utomo yang mengatakan lokasi Dusun yang terpisah Sungai Bengawan acap kali membuat warga berpikir terlupakan dan jarang tersentuh pembangunan. ” Hadirnya Mas Lindra menepis anggapan tersebut,” pintanya. Utomo berharap perhatian Pemkab Tuban dapat terus di tingkatkan. Progam pembangunan yang di rasakan warga di Desa dan Kecamatan lain, hendaknya juga di nikmati warga Pencol. ( gus/red ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *