Dishub Bojonegoro Beberkan Rencana Uji Coba CFD di Stadion, Talkshow di Radio

Bojonegoro,atasangin.net – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perhubungan ( Dishub ) mengikuti kegiatan ‘Ngobrol Bareng Lewat Radio Yuk !’ melalui siaran Radio Menara Darussalam 107,9 FM. Kegiatan di gelar Kamis ( 16/2/2023 ) dan di siarkan bersama oleh radio anggota FRB ( Forum Radio Bojonegoro ).

Hadir dalam acara Ngobrol Bareng Lewat Radio Yuk ! kali ini Sekretaris Dishub Bojonegoro Edi Subroto dan Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bambang Loemawan. Dialog mengangkat tema ‘Uji Coba Pelaksanaan Car Free Day ( CFD ) di Stadion Letjen H. Soedirman’.

Sekretaris Dishub Bojonegoro Edi Subroto menurturkan bahwa uji coba ini dilaksanakan atas dasar animo masyarakat yang semakin lama semakin besar terhadap CFD. Yakni pengunjung yang bertambah banyak, volume kendaraan semakin naik dan aktivitas lain di seputar Alun – Alun Bojonegoro.

Edi menyebutkan bahwa kegiatan CFD berlaku Minggu mulai dari pukul 05.00 hingga 08.00 WIB. Tetapi karena antusiasme masyarakat yang tinggi, terkadang pedagang/UMKM mulai berkemas menutup lapak pukul 09.00 atau pukul 10.00.

“ Oleh sebab itu, kami memikirkan tempat yang lebih tepat agar semakin nyaman, nyantai dan enjoy. Yaitu di Stadion Letjen H. Soedirman,” timpal Edi.

Di pilihnya Stadion karena akses jalan di sekitarnya tidak seramai jalan utama Kota. Sehingga tidak mempengaruhi aktivitas pengguna jalan. Namun sebelum CFD di pindah, Edi menyebutkan perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu. Selama masa uji coba, Dishub akan terbuka untuk menerima masukan, kritik dan saran yang dapat di sampaikan melalui sosial media Dishub Bojonegoro maupun WhatsApp/Call Center Dishub ( 081333555695 ).

Dalam uji coba, selain di luar Stadion, aktivitas Olahraga dapat dilakukan di dalam stadion. Sementara untuk pedagang kaki lima ( PKL )/penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) dapat berjualan di luar stadion sebelah utara.

“ Jadi kita mencontoh Kota/Kabupaten lain. Tempat untuk berolahraga terpisah dari tempat berjualan. Nanti kalau sudah selesai Olahraga bisa mampir ke tempat kuliner sehingga lebih tertata rapi dan nyaman,” beber Edi.

Sementara untuk PKL ataupun UMKM yang sebelumnya berdagang di Alun – Alun saat CFD dan ingin menempati di area stadion dapat menghubungi Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro.

Edi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung penuh uji coba ini.“ Kita uji coba dulu. Nanti kalau ada kurangnya dapat di sampaikan ke Dishub,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub Bojonegoro, Bambang Loemawan menambahkan bahwa uji coba ini juga di dasarkan area parkir saat CFD di gelar di Alun – Alun. Menurut dia, antusias masyarakat semakin tinggi menyebabkan pengunjung juga meningkat. Sehingga petugas Dishub kesulitan untuk mengarahkan area parkir.

“ Dulu, area parkir tidak seperti sekarang. Ternyata antusias semakin besar, sehingga kami memikirkan area parkir mana lagi yang dapat digunakan dan tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain,” terang Wawan, sapaan akrab Bambang Loemawan.

Dishub, lanjut dia, akan berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Ia juga mengajak untuk sama – sama mendukung uji coba CFD di Stadion Letjend H Soedirman.

“ Penataan ini demi memberikan pelayanan kenyamanan dan keamanan yang meningkat pada kegiatan CFD,” pungkas Bambang Loemawan. ( Gus/Red ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *