Mas Bupati Pastikan Kebutuhan Air Warga, Kunjungan Kerja ke Grabagan

Pemerintahan23 views

Tuban,atasangin.net – Kekeringan yang kerap kali melanda sebagian warga Tuban, khususnya warga di Kecamatan Grabagan. Beberapa Desa yang rawan terjadinya kekeringan diantaranya Desa Ngandong, Grabagan, dan Dahor.

Menyikapi kondisi tersebut, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., melakukan kunjungan kerja sambang Desa ke sejumlah Desa di Kecamatan Grabagan, Jumat ( 3/3/2023 ). Kunjungan tersebut untuk mengetahui secara langsung keluhan warga seputar ketersediaan air bersih. Turut serta mendampingi Bupati Tuban, Sekda Tuban, Budi Wiyana, jajaran OPD terkait, Camat dan Forkopimka Grabagan.

Usai melakukan kunjungan, Mas Lindra sapaan Bupati Tuban mengungkapkan Pemkab Tuban berkomitmen menyediakan fasilitas air bersih bagi warga. Sejumlah program telah di siapkan untuk mengatasi persoalan tersebut. Diantaranya, pengeboran sumur, pembangunan tandon penampung air, dan pembuatan saluran air sampai rumah.
“ Kami sudah melihat beberapa titik calon lokasi pengeboran air. Selanjutnya, akan di susun tindak lanjut,” paparnya.

Selain meninjau infrastruktur penyediaan air bersih, Mas Lindra bersama rombongan juga melihat kondisi drainase. Dari pantauan di lapangan, terdapat beberapa titik yang mengalami kerusakan. Menurutnya, perlu adanya penanganan secara cepat tepat agar tidak terjadi banjir dan membahayakan bagi warga.“ Terutama bagi pengguna jalan yang melintas,” bebernya.

Mas Lindra menyatakan Pemkab Tuban menyusun program pembangunan dengan menetapkan skala prioritas pada P-APBD 2023. Alhasil, alokasi pendanaan pada sejumlah sektor akan lebih besar di bandingkan sektor lainnya.“ Hal ini dilakukan semata-mata untuk melakukan percepatan pada sektor yang di maksud, tanpa mengabaikan sektor lain,” paparnya.

Salah seorang warga Ngandong, Utami mengaku senang dan bahagia karena mendapat kunjungan dari Bupati Tuban dan rombongan. Mengetahui akan adanya program penyediaan air, dirinya sangat bersyukur. “ Alhamdulillah, kalau ada sumber air akan lebih mudah beraktivitas,” terangnya.

Perempuan yang sehari – hari membantu suaminya di ladang jagung ini mengatakan setiap musim kemarau sering di buat khawatir, apalagi kemarau panjang. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, ketersediaan air juga di manfaatkannya untuk mengaliri pertaniannya.

Untuk di ketahui, kunjungan kerja Bupati Tuban dalam rangka Sambang Desa di 20 Kecamatan di maksudkan untuk mengetahui pelaksanaan program pembangunan dan pengembangan SDM di Kabupaten Tuban berjalan baik. Juga memastikan penyaluran bantuan sosial maupun bantuan lainnya tepat sasaran. Adapun Desa di Kecamatan Grabagan yang di kunjungi yaitu desa Grabagan, Ngandong, Dahor, Menyunyur, Dermawuharjo, dan Gesikan. ( gus/red ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *