Sekda Tuban Bersama Sentra Margo Laras Kemensos Salurkan Bantuan Atensi Untuk Penyandang Disabilitas

Tuban,atasangin.net – Pemkab Tuban bersama Sentra Margo Laras Kementerian Sosial (Kemensos) di Pati menyerahkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Kluster Penyandang Disabilitas, Rabu ( 24/4/2024 ).

Bertempat di ruang Dandang Wacana Setda Tuban, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., didampingi Kepala Sentra Margo Laras di Pati, Proboretno Kuncororini menyerahkan bantuan Atensi kepada penerima manfaat.

Hadir pula pada kesempatan ini, Kepala Dinsos P3A dan PMD, Sugeng Purnomo beserta jajaran, TKSK Kabupaten Tuban, dan staf Kepala Sentra Margo Laras.

Sekda Tuban, Budi Wiyana menyatakan Pemkab Tuban di bawah kepemimpinan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, memberi perhatian terhadap keberadaan PMKS, utamanya penyandang disabilitas.

Saat ini terus dilakukan pendataan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan penyandang disabilitas.

Data yang dikumpulkan akan menjadi data terpadu untuk digunakan sebagai dasar penetapan kebijakan.

Mengingat tiap PMKS maupun penyandang disabilitas memerlukan penanganan khusus. “ Dukungan TKSK maupun pendamping sosial lainnya sangat diperlukan guna pemutakhiran data yang ada,” paparnya.

Selain penyaluran bantuan, Pemkab Tuban juga mengupayakan adanya program pemberdayaan bagi penyandang disabilitas yang memiliki potensi.

Diantaranya, kursus menjahit, sulam, pijat maupun kemampuan lainnya. Sekda Tuban mengatakan pemberdayaan tersebut diharapkan mampu menjadikan PMKS dapat mandiri, baik untuk mengurus dirinya bahkan mendukung ekonomi keluarga penerima manfaat.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban selalu bersinergi stakeholder berkaitan dengan pelaksanaan program rehabilitasi sosial bagi PMKS maupun penyandang disabilitas.

Bantuan yang diterima dapat dimaksimalkan dengan sebaik mungkin. Pendamping sosial maupun TKSK dapatnya melakukan monitoring dan memberi pendampingan lanjutan apabila diperlukan.

Di harapkan melalui kolaborasi lintas sektoral, program rehabilitasi sosial yang dijalankan membawa manfaat besar bagi penerima.

Sekda Budi Wiyana menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan perhatian Sentra Margo Laras Kemensos terhadap PMKS dan penyandang disabilitas di Kabupaten Tuban.

Kedepannya, kerja sama semacam ini diharapkan dapat terus dijalankan dan ditingkatkan, baik penerima maupun jenis bantuan. Kerja sama tersebut dapat diarahkan berkaitan dengan pembinaan maupun pemberdayaan.

Sementara itu, Kepala Sentra Margo Laras Kemensos di Pati, Proboretno Kuncororini menerangkan pihaknya akan menyalurkan sejumlah bantuan Atensi kluster penyandang disabilitas di Kabupaten Tuban.

Jenis bantuan yang disalurkan diantaranya alat bantu kursi roda, walker, tongkat penuntun adaptif sebanyak 25 paket, paket nutrisi sebanyak 58 paket, bantuan kewirausahaan sebanyak 57 penerima manfaat. “ Proses penyaluran dilakukan selama 2 hari ke depan,” terangnya.

Proboretno menjelaskan sebelum di serahkan kepada penerima, pihaknya melakukan verifikasi dan validasi atas usulan calon penerima yang di usulkan Dinsos setempat. Data yang di terima dilakukan pendataan lanjutan dan assessment untuk selanjutnya dilakukan proses penyaluran bantuan.

Perempuan berhijab ini berharap bantuan yang di serahkan dapat membantu mempermudah mobilitas penyandang disabilitas sehari-hari.

Sehingga, memotivasi penyandang disabilitas untuk kian berdaya dan mandiri. Sedangkan, bantuan kewirausahaan yang dapat menjadi stimulus bagi penerima manfaat. Bantuan yang ada dapat dimaksimalkan menjadi salah satu pendapatan bulanan. ( gus ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *