Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan GERMAS Lewat Radio Talkshow Malowopati FM

Bojonegoro,atasangin.net – Radio Malowopati FM bersama Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Bojonegoro melalui program Radio Talkshow edisi Jum’at ( 17/6/2022 ) mensosialisasikan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) yang di pandu penyiar Lia Yunita. Siaran ini dapat di ikuti secara live YouTube kanal Malowopati Radio dan interaksi langsung melalui nomor WhatsApp 08113322958.

Dr.Lucky Imroah ( Kabid Kesehatan Masyarakat ) selaku narasumber dalam talk show ini menjelaskan salah satu wujud dari pelaksanaan GERMAS adalah melakukan aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit. Aktivitas fisik menjadi salah satu pilar utama GERMAS.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui GERMAS guna mewujudkan Indonesia sehat. GERMAS sendiri merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama – sama oleh seluruh komponen Bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

” Pelaksanaan GERMAS harus di mulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” terang dr. Lucky.

Lebih lanjut dr. Lucky menyampaikan mengapa bergerak itu sehat ? Sudah bukan hal baru lagi, jika bergerak dapat bikin tubuh lebih sehat. Kalori dan lemak dalam tubuh akan terbakar lebih sempurna menjadi energi saat kamu lebih aktif bergerak. Nggak hanya itu, otot tubuh dalam tubuhmu juga bisa terbentuk lebih kuat ketika kamu senang atau bahkan hobi Olahraga.

Aktifitas GERMAS dalam bentuk fisik dapat di mulai dengan hal – hal kecil seperti mengajak anak bermain di luar, berjalan di sekeliling rumah, lebih memilih menggunakan tangga di banding lift, dan memilih berjalan kaki di banding mengendarai kendaraan jika jaraknya dekat. Atau anda dapat melakukan olahraga seperti jogging, bersepeda, berenang atau Olahraga lain yang anda sukai.

GERMAS tidak hanya dalam bentuk gerakan saja, mempertahankan gaya hidup sehat lain seperti istirahat yang cukup, menemukan cara untuk mengatasi stres dengan cara yang sehat, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang menjadi dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Dalam gerakan GERMAS ini, PERWOSI Bojonegoro juga berperan aktif mengadakan kegiatan – kegiatan senam dan Olahraga di lingkungan wanita.

Ibu Setyo Hartono, Ketua PERWOSI Kabupaten Bojonegoro menjelaskan PERWOSI adalah singkatan dari kata Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia. Salah satu peran Perwosi adalah mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan Olahraga khususnya perempuan. banyak kegiatan yang sudah di pelopori oleh PERWOSI.

Perwosi berdiri tahun 1967 di Jakarta yang saat ini di Ketuai oleh Ny Tri Tito Karnavian sedangkan Ketua Pengurus Provinsi ( Pengprov ) Jawa Timur Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia ( Perwosi ) adalah Arumi Bachsin Emil. Pada tahun 2021 PERWOSI Bojonegoro mengadakan turnamen bulu tangkis tingkat SD/SMP putri, peserta seluruh ranting yaitu 28 Kecamatan, ini berkat kerja sama Ketua Ibu PKK Kecamatan, bekerja sama dengan Pemkab Bojonegoro. ( Jok ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *