Pemkab Tuban Siapkan Petugas Kesehatan Pantau Penyembelihan Dan Distribusi Korban

Tuban,atasangin.net – Pemkab Tuban imbau masyarakat patuhi edaran pelaksanaan Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ). Hal tersebut di sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana saat penyerahan hewan kurban dari Semen Indonesia Persero Tbk. Pabrik Tuban di halaman Kantor Setda Tuban, Jumat ( 8/7/2022 ).

Sekda Tuban, Budi Wiyana mengimbau masyarakat agar melakukan penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan ( RPH ). Jika memang tidak memungkinkan, maka penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan di tempat yang telah di tentukan.“ Sebelumnya, harus di koordinasikan dengan petugas kesehatan hewan di tiap Kecamatan dan stakeholder terkait,” paparnya.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan ( DKPPP ) telah menyiagakan petugas kesehatan hingga 5 orang di tiap Kecamatan. Petugas kesehatan akan membantu masyarakat untuk memastikan penyembelihan dan distribusi hewan kurban sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hewan kurban yang akan di sembelih harus memenuhi persyaratan, salah satunya memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan ( SKKH ). Surat tersebut dapat di peroleh dari petugas kesehatan maupun DKPP secara gratis apabila telah melalui proses pemeriksaan.

Sekda Budi Wiyana mengatakan persebaran petugas kesehatan di sesuaikan dengan jumlah hewan kurban di tiap Kecamatan.“ Jika hewan kurban banyak, maka petugas kesehatan dari Kecamatan lain yang lebih sedikit hewan kurbannya akan di kirimkan untuk membantu,” terangnya.

Sekda Tuban menyampaikan terima kasih atas bantuan hewan kurban yang diberikan PT. Semen Indonesia Persero Tbk. Pabrik Tuban. Hewan kurban yang di terima akan di kumpulkan dengan hewan kurban lain yang telah di kumpulkan Pemkab Tuban. Selanjutnya, akan di distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Senior Manager of Corporate Communication PT. Semen Indonesia Persero Tbk. Pabrik Tuban, Setiawan Prasetyo menyebutkan sebanyak 39 ekor sapi yang di serahkan telah di periksa oleh tim kesehatan dan mengantongi SKKH. Sapi yang di serahkan di peroleh dari peternak di sekitar pabrik Tuban. “ Hewan kurban diberikan kepada Pemkab Tuban, DPRD Tuban, Masjid Agung Tuban, dan lembaga keagamaan,” terangnya.

Setiawan menambahkan penyerahan hewan kurban sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility ( CSR ) PT. Semen Indonesia Persero Tbk. Pabrik Tuban. Harapannya, bantuan hewan kurban bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Tuban.

Untuk di ketahui, Pemprov melalui BPBD Provinsi melakukan penyekatan di beberapa titik perbatasan, salah satunya di Kabupaten Tuban tepatnya di Kecamatan Bancar. Adapun posko yang di dirikan lengkap dengan pengawalan dari personil TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Perhubungan, serta petugas kesehatan hewan. ( Jok ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *