Mas Lindra : Pemkab Akan Beri Bantuan Transportasi Air dan Akses Jalan, Tinjau Banjir Luapan Sungai Mlangi

Pemerintahan32 views

Tuban,atasangin.net – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE meninjau Dusun Dermalang, Desa Mlangi, Kecamatan Widang, yang terkena dampak luapan sungai Rabu malam kemarin.

Peninjauan dilaksanakan di sela – sela Kunker Sambang Desa di Kecamatan Widang dan Plumpang. Kamis ( 2/3/2023 ).

Dengan menggunakan perahu, Mas Bupati menyusuri sungai untuk menuju salah satu Dusun terpencil tersebut. Setelah sampai, Mas Bupati mengajak seluruh Perangkat Desa beserta masyarakat setempat untuk berdiskusi mencari solusi terbaik dan tercepat, sebab banjir terjadi setiap tahun dan menggenangi beberapa Dusun di Desa tersebut.

Hasil diskusi, Pemkab akan memberikan bantuan perahu yang layak, dan jalan lingkar Desa sebagai sarana transportasi warga untuk menuju pusat Desa. ” Karena setelah diskusi semua warga setuju untuk diberikan bantuan transportasi sungai yang lebih aman dan jalan lingkar sepanjang 400 meter, kita akan realisasikan tahun ini,” tutur Mas Bupati.

Sementara itu, Kepala Desa Mlangi Siswarin menyampaikan terima kasihnya atas kunjungan Bupati beserta jajaran ke Desa Mlangi.

Ia mengaku, banjir luapan sungai Mlangi memang sudah menjadi langganan ketika musim penghujan tiba, apalagi di Dusun yang warganya mayoritas berprofesi sebagai petani dan petambak. Sungai yang sempit, tidak bisa menampung debit air hujan, di tambah air kiriman dari hutan yang ada di dataran tinggi Daerah tersebut. Akibatnya, akses menuju daratan masyarakat Desa terutama Dusun Dermalang terputus akibat terendam air. Otomatis, warga harus menggunakan perahu untuk bisa menuju ke pusat Desa.” Memang sebagian besar masyarakat sini harus pakai perahu, dan punya perahu kecil, tapi tidak safety,” bebernya.

Siswarin berharap, dengan bantuan perahu dan jalan lingkar Desa yang nantinya akan di realisasikan tahun ini, bisa mempermudah warga Desa, dan meningkatkan ekonomi warga.” Semoga bisa membawa dampak ekonomi untuk warga,” pintanya. ( gus/red ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *