Aiptu Bambang Supriyanto : Evakuasi Jenazah ABK Kapal Sumber Rejeki Di Perairan Muncar

Peristiwa0 views

Banyuwangi || Transisinews – Kanit Muncar Satpolairud Polresta Banyuwangi Aiptu Bambang Supriyanto di bantu anggota TNI Angkatan Laut mengevakuasi jenazah dari ABK kapal sumber rejeki bertempat di pesisir Pelabuhan Muncar.

Bambang menjelaskan adanya laporan orang meninggal di dalam kapal dari nahkoda dan abk kapal sumber rejeki. Dari laporan itu bambang mendatangi lokasi kejadian bersama anggota dari TNI AL dan berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Kedung Rejo.

Dalam giat patroli pesisir hari Senin 23/5 mulai pukul 08.00 WIB-selesai bertempat di sekitaran dermaga pelabuhan muncar/perairan Bali evakuasi jenazah dan meminta keterangan beberapa orang saksi mata.

Hasil dari keterangan beberapa orang saksi mata yang di mintai keterangan dengan nama :

1. Muntoyo (48) bertempat tinggal di Blimbing Lamongan sebagai nelayan (Nahkoda) dari kapal sumber rejeki, Suroto (33) dan Dodik Haris (45) yang sama-sama bertempat tinggal di Blimbing Lamongan profesi sebagai nelayan (ABK) dari kapal sumber rejeki.

Adapun korban meninggal dengan nama Yuli (50) yang bertempat tinggal Kebon Sari Tuban yang juga berprofesi sebagai nelayan dari kapal sumber rejeki.

Kronologi kejadian menurut keterangan saksi yang di dapat oleh Aiptu Bambang S menjelaskan bahwa, pada hari Minggu tanggal 22 Mei 2022, pukul 14.00 Wita Kapal Sumber Rejeki berangkat bekerja mencari ikan di perairan Bali, sekitar pukul 22.00 Wita menabur jaring. Setelah menabur jaring korban (Yuli) pergi untuk beristirahat (tidur) pada pukul 02.00 Wita, ABK hendak menabur jaring lagi yang kemudian membangunkan korban untuk melakukan aktivitas menebarkan jaring, akan tetapi pada saat di bangunkan korban sudah tidak bernapas lagi (meninggal dunia) yang selanjutnya kapal di bawa pulang ke pelabuhan Muncar sampai Pelabuhan Muncar pukul 08.00wib dan berkoordinasi dengan anggota yang bertugas untuk di evakuasi ke Puskesmas.

Dari hasil pemeriksaan yang di dapat, menurut dr Ferdus tidak di temukan adanya tanda-tanda kekerasan, korban murni meninggal karena sakit jantung, yang selanjutnya korban di bawa pulang oleh Nahkoda ke Tuban untuk di makamkan.

Kasat Satpolairud Polresta Banyuwangi Kompol Masyhur Ade, S. I. k, MH menjelaskan, evakuasi jenazah ABK sumber rejeki yang di lakukan oleh anggotanya Aiptu Bambang yang berkoordinasi dengan anggota TNI AL yang di bantu Puskesmas kedung Rejo suatu bentuk sinergitas antar institusi guna membantu masyarakat yang tertimpa musibah dan pihaknya menghimbau kepada nelayan untuk selalu menjaga kesehatan, stamina, prokes dan hati-hati terhadap cuaca buruk pada saat melaut.

Pewarta : Putra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *